Berita Terbaru

Tingkatkan Kompetensi Manajerial Kepala, MIN 1 Yogyakarta Ikuti Kunjungan ke MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan

Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan kualitas manajerial Kepala Madrasah, MIN 1 Yogyakarta mengikuti studi terap ke MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2023. Tujuan kegiatan adalah kunjungan dan sharing upaya penguatan kemampuan manajerial Kepala Madrasah di lingkungan Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Kegiatan diinisiasi oleh Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Yogyakarta. Rombongan terdiri dari Kepala Madrasah RA, MI, MTs, MA serta Kepala Tata Usaha, Pengawas Madrasah dan beberapa Guru se Kota Yogyakarta.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan, Khoirul Anam, M.Pd.I menyampaikan materi tentang proses perkembangan dari Madrasah unggulan tersebut, termasuk proses penguatan lembaga. Pada dasarnya, sebuah Madrasah dapat berjalan dengan baik jika terjadi sinergi antar beberapa komponen yang ada. Peran serta Kepala Madrasah, menetukan arus utama jalannya sebuah Madrasah. Konsep dasar lembaga pendidikan ditekankan pada enam komponen yang dapat diterapkan oleh Kepala Madrasah, yaitu kecerdasan, kemauan/semangat, sabar, biaya  (pengorbanan materi dan waktu), petunjuk yang terdahulu dan kontinuitas. Kepala Madrasah harus mampu membawa sebuah lembaga di tengah perkembangan zaman. Program inovasi dan pemikiran mendalam serta upaya merangkul semua eleman sangat diperlukan untuk kemajuan sebuah Madrasah.

Tim dari MIN 1 Yogyakarta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari Kepala madrasah Zumaroh Nazulaningsih, M.S.I, beserta guru, yakni Sumarsih, MSI, Siti Chalimah, S.Ag, Fathurrohman Shiddiq, S.Hum, mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk pengembangan madrasah. Diseminasi program manajerial MAN IC Pekalongan memberikan semangat atas perubahan dan pola promosi sebagai syiar madrasah.

farkhanasrori

nama aslinya Muhammad Farhan Asrori, merupakan Guru Tahfidz di MI Negeri 1 Yogyakarta. lebih jauh bisa kunjungi media sosialnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *