MIN 1 Yogyakarta Raih Juara I Lomba Dokter Kecil SD/MI Tingkat Kota Yogyakarta

Yogyakarta (MIN 1 Yogyakarta) – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Yoyakarta menyelenggarakan Lomba Dokter Kecil SD/MI Tingkat Kota Yogyakarta, pada tanggal 26 Oktober 2022. Lomba dilaksanakan di Auditorium FK-KMK Universtas Gajah Mada dan diikuti oleh SD/MI se Kota Yogyakarta yang ditunjuk oleh Puskesmas untuk mewakili puskesmas wilayah kecamatan masing-masing. Tim Dokter Kecil MIN 1 Yogyakarta yang terdiri dari Dhia Izzara Irdina Rohman, Muhammad Hanif Fadhlurrohman dan Azka Malika Rahmani mewakili madrasah dan Puskesmas Umbulharjo I.

Perjuangan meraih juara dimulai dengan mengunggah video penyuluhan atau sosialisasi terkait dengan tema-tema kesehatan bagi anak. Tim Dokcil MIN 1 Yogyakarta memilih tema “Stop Bullying”. Tema bullying diangkat karena tema tersebut sangat dekat dengan keseharian siswa di madrasah. Siswa sering melakukan tindakan bullying baik disengaja maupun tidak disengaja. Namun tanpa disadari siswa,  tindakannya tersebut berpengaruh negatif pada siswa yang menjadi korban bully. Siswa merasa kecewa, tertekan, sedih bahkan mungkin sampai enggan atau takut masuk madrasah. Berdasarkan tema tersebut, tim dokcil melakukan penyuluhan di hadapan teman-teman dan diunggah di laman youtube madrasah. Penilaian diawali dengan banyaknya viewer, like dan coment. 

Babak selanjunya adalah tes CBT (Computer Based Test) menguji pengetahuan siswa terkait dengan materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, program UKS dan juga materi kesehatan lainnya. Pada tahap ini, tim dokcil berhasil meraih nilai tertinggi. Dilanjutkan dengan sesi Cerdas Cermat menguji wawasan dan kecepatan siswa menjawab soal, serta diakhiri dengan tes praktik tentang pengetahuan obat dan praktik penanganan luka atau patah tulang.

Zumaroh Nazulaningsih, MSI, Kepala MIN 1 Yogyakarta bersyukur dan bahagia dengan prestasi siswa tersebut. “Alhamdulillah prestasi yang membanggakan bersanding dengan predikat Juara I Lomba Madrasah Sehat Tingkat Kanwil Kemenag Prop. DIY, memberikan motivasi kepada madrasah untuk meningkatkan dan mempertahankan program TRIAS UKS, untuk mewujudkan warga madrasah yang sehat lahir batin serta lingkungan madrasah yang sehat dan nyaman pula”, ujarnya.(Zum/Nrl) 

farkhanasrori

nama aslinya Muhammad Farhan Asrori, merupakan Guru Tahfidz di MI Negeri 1 Yogyakarta. lebih jauh bisa kunjungi media sosialnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.