Berita Terbaru

MIN 1 Yogyakarta Juara I Madrasah Sehat Tingkat DIY, Siap ke Tk. Nasional

Yogyakarta (MIN 1 Yogya) – Bertempat di halaman Kanwil Kemenag Prop. DIY, Senin, 19 September 2022, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag DIY menyerahkan trophy, piagam serta uang pembinaan kepada madrasah juara Lomba Madrasah Sehat. Terpilih sebagai juara I untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Yogyakarta. Adapun juara II MI Darul Ilmi Sleman, Juara III MIN 2 Bantul, Juara Harapan I, MIN 7 Gunungkidul dan Juara Harapan II, MIN 1 Kulon Progo.

Lomba Madrasah Sehat diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah pada kurun waktu tanggal 5-9 September 2022. Kegiatan dimaksud untuk menggugah semangat madrasah mengoptimalkan kembali program TRIAS UKS (pendidikan, pelayanan, pembinaan lingkungan sehat, dan managemen UKS). Kegiatan diselenggarakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Pengawas dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Peserta kegiatan merupakan perwakilan setiap Kota dan Kabupaten melipui jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Zumaroh Nazulaningsih, MSI, selaku kepala MIN 1 Yogyakarta menyampaikan rasa syukur atas pencapaian madrasah. Keberhasilan ini tentu atas doa dan dukungan stake holder madrasah, demikian ucap Zumaroh. “Selain itu, dukungan juga kami dapatkan dari Kalurahan, KUA, Polsek dan tentu saja Puskesmas Umbulharjo I”, imbuhnya.  Mengusung presentasi “Optimalisasi Program Trias UKS/M dalam rangka Mewujudkan Generasi Literat Muda MIN 1 Yogyakarta”, disampaikan bahwa dalam rangka mewujudkan pembelajaran dan pembinaan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di madrasah, dilaksanakan program kegiatan CTPS, sarapan gizi seimbang, sikat gigi bersama serta program unggulan Sabtu Sehat Minum Jamu dan Empon-Empon. Selain itu, madrasah juga melaksanakan program Kantin Sehat dan telah diinspeksi Higienitas Kantin oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Uji Kelayakan Air dan Kualitas Udara dari Laboratorium BBTKLPP serta senam peregangan setiap hari, pukul 09.00 WIB diantara jadwal pembelajaran. Zumaroh berharap, pembiasaan dan pembinaan lingkungan sehat yang dilaksanakan oleh MIN 1 Yogyakarta tetap bisa dilaksanakan dengan kualitas yang lebih baik. Melalui penerapan Program Trias UKS/M, siswa sehat, madrasah kuat, prestasi melesat, pungkasnya.(Zum/Nrl) 

farkhanasrori

nama aslinya Muhammad Farhan Asrori, merupakan Guru Tahfidz di MI Negeri 1 Yogyakarta. lebih jauh bisa kunjungi media sosialnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *